Senin, 14 April 2008

Posyandu Lavenda Wakili Jambi di Tingkat Nasional

Jambi Pos-Pos pelayanan terpadu (Posyandu) “Lavenda” yang berlokasi di Rt 15 Kelurahan, Kenali Besar, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi merupakan Posyandu yang mewakili Provinsi Jambi dalam lomba Posyandu tingkat nasional, dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas). Puncak peringatan Harganas itu akan dilaksanakan di Desa Kotabaru ,Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada 29 Juni 2008 mendatang.

Posyandu Lavenda dibawah pimpinan Dra Puji Lestari sebagai Ketua Kader Posyandu Lavenda memiliki sejumlah program kesehatan dan pendidikan seperti BKB (Bina Keluarga Balita), PAUD (Pendidikan Usia Dini), POD (Pos Obat Desa) dan kegiatan Gema Sehati (Gerakan Masyarakat Sehat dan Mandiri).

Laporan Puji Lestari, bahwa di daerahnya terdapat beberapa unsur kader, seperti Kader Posyandu 11 kader, BKB 8 kader, Kader Lansia 8 kader, Kader UPTKS 6 kader. Kegiatan setiap bulan diadakan juga bazar, hasil dari penjualan barang produksi sebagian disetor ke posyandu sedangkan sebahagian lainnya untuk kas dasa wisma masing-masing.

Demikian penjelasan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi Hj Ratu Munawaroh Zulkifli kepada wartawan di Jambi, Sabtu (12/4/2008). Menurutnya, pihaknya juga telah melihat langsung keberadaan Posyandu Lavenda. Kunjungan tersebut sekaligus memberikan motifasi kepada Posyandu Lavenda dalam menyiapkan diri untuk mengikuti lomba tingkat nasional.

Disebutkan, selain lomba Posyandu, Provinsi Jambi juga ada tiga lagi lolos dalam seleksi Nasional. Perlombaan kedua adalah lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS) yang diwakili oleh Kabupaten Bungo, lomba Prilaku Hidup Bersih Sehat diikuti oleh Kabupaten Batanghari.

Sedangkan bidang Posyandu ada dua ketegori yakni lomba Posyandu pedesaan diwakili oleh Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Posyandu katagori Kota dalaha Posyandu Lavenda dari Kota Jambi ini. Dan ke lima perlombaan yang diikuti ini mendapatkan nominasi Tingkat Nasional.

“Hal ini merupakan prestasi yang membanggakan, karena hal ini bertepatan pula dengan Jambi menjadi tuan rumah dalam peringatan Harganas dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat. Jambi selaku tuan rumah yang akan dihadiri Presiden SBY ini, merupakan kepercayaan pemerintah kepada Provinsi Jambi,”katanya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Jambi, Meisita Arifin Manaf mengaku bangga akan prestasi Posyandu Lavenda binaannya. Menurutnya prestasi yang diraih Posyandu Lavenda Kota Jambi tidak terlepas dari kerjasama semua pihak khususnya Forum Komunikasi Posyandu Jambi (FKPJ).

Disebutkan, program FKPJ itu tidak terlepas dari peran Kasubdin Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Jambi DRG Polisman Sitanggang M Kes, selaku fasilitator. Menurutnya, kini sudah ada 38 unit Posyandu mandiri yang secara rutin melayani kesehatan masyarakat.(Lee)

Tidak ada komentar: